You are here

BAN PT VISITASI DUA PROGRAM STUDI PPS UNY

Pada minggu ketiga bulan Oktober 2015 secara bersamaan BAN PT memvisitasi dua prodi di Program Pascasarjana UNY sekaligus. Prodi Pendidikan Ekonomi (PE) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapatkan penilaian dari asesor pada hari Senin, 19 Oktober 2015.

Senin pagi pukul 08.00 Tim Asesor BAN PT untuk prodi Pend. Ekonomi yaitu Dr. Cipto Wardoyo, SE., Ak., CA., M.Pd., M.Si. dari UM Malang dan Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd. dari UNS Surakarta disambut jajaran pimpinan UNY di ruang sidang RKU. Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. memberikan ucapan selamat datang kepada kedua asesor tersebut. Didampingi WR I, WR II, WR III, WR IV, Direktur, Asdir II PPs, Ka. BAKI, Kaprodi PE, Penjamu PPs, dan Bag. Informasi UNY, beliau berharap sebagai prodi baru PE bisa mendapatkan predikat akreditasi terbaik untuk saat ini. “Saat ini sudah memasuki tahun kedua bagi mahasiswa prodi PE. Semoga sebelum lulus mereka telah mendapatkan kepastian status akreditasi prodinya, “harap Pak Rektor kepada asesor.

Setelah kedua asesor bertolak ke gedung PPs, selang beberapa menit datanglah asesor untuk prodi PAUD yaitu Prof. Dr. Zulela, MS., M.Pd. dari UNJ dan Dr. Ernawulan Syaodih, M.Pd. dari UPI. Masih dengan komposisi yang masih lengkap, jajaran pimpinan UNY menyambut dengan hangat untuk kedua utusan BAN PT tersebut.

Senada dengan sambutan sebelumnya, Rektor UNY mengharapkan kedua asesor bisa memberikan penilaian terbaik sesuai realita yang ada di lapangan. Sebagai prodi baru (PE dan PAUD), yang belum memiliki alumni, sehingga score-nya berkurang. Namun, score tersebut bisa ditutupi oleh item penilaian yang lain sesuai dengan potensi prodi yang ada seperti penelitian, PPM, karya dosen dan mahasiswa serta poin lainnya.

Bertempat di ruang 202, prodi Pend. Ekonomi mendisplay seluruh dokumen yang diperlukan sebagai lampiran borang. Pada hari Minggu, 18 Oktober 2015 asesor pertama yaitu Dr. Cipto Wardoyo, telah memberikan penilaian sekilas untuk borang prodi/Buku IIIA. Sehingga pada hari kedua ini tinggal mencermati hasil penilaian. Dalam penilaian borang prodi, Wakil Dekan I FE UM Malang ini ditanggapi oleh mantan kaprodi Pend. Ekonomi, Dr. Sukidjo, kaprodi PE, Dr. Endang Mulyani. Beberapa dosen pengajar prodi juga terlibat sebagai suporter, diantaranya Dr. Sugiharsono (Dekan FE UNY), Kiromim Baroroh, M.Pd., Losina Purnastuti, SE., M.Ec.Dev., Ph.D., Bambang Suprayitno, M.Sc., dan Mustofa, S.Pd., M.Sc. Dengan begitu, apabila terdapat dokumen/bukti kegiatan terbaru yang belum diceritakan/tertuang dalam borang bisa dimasukkan dan diberikan nilai semestinya.

Selanjutnya untuk borang institusi/Buku IIIB dicermati oleh asesor kedua yaitu Dr. Mintasih Indriayu. Dalam pencermatan item penilaiannya, beliau ditanggapi oleh Asdir I, Prof. Pardjono, Ph.D. dan Dr. Teguh Setiawan dari Tim Penjaminan Mutu. Kegiatan ini relatif berjalan lancar karena pengalaman pada visitasi sebelumnya. Pada kesempatan yang lain tak terlewatkan asesor berbincang dengan mahasiswa prodi untuk mendengarkan testimoni tentang nuansa akademik yang berjalan di PPs UNY secara umum.

Sementara itu, untuk prodi PAUD, Prof. Dr. Suparno dan tim akreditasinya menampilkan dokumen akademik sebagai lampiran borang dari standar 1 hingga 7 di ruang sidang 315. Beliau didukung sepenuhnya oleh beberapa dosen pengajar prodi seperti Dr. Sugito, MA., Dr. Harun, Dr. Arif Rohman, Dr. Ali Mustadi, Dr. Iis Prasetyo, Dr. Rukiyati, dan Dr. Wuri Wuryandani. Mahasiswa angkatan pertama juga antusias membantu kelancaran visitasi dari awal hingga akhir. Verifikasi dilakukan secara sistematis oleh Dr. Ernawulan Syaodih, M.Pd.

Proses verifikasi borang institusi dilakukan oleh Prof. Dr. Zulela yang ditanggapi oleh Prof. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed., Prof. Dr. Muhyadi, dan Dr. Dimyati. Bertempat di ruang direktur pencermatan berlangsung dengan penuh kerjasama. Dokumen yang diperlukan sebagai bukti yang tertuang di borang dapat ditunjukkan oleh tim Penjamu PPs UNY.

Proses klarifikasi dokumen di lapangan berlangsung sejak pagi hingga sore. Visitasi kedua prodi tersebut akhirnya ditutup  dengan penandatanganan berita acara berikut hasil penilainnya. Hasil tersebut segera dikirim ke BAN PT sebagai bahan penerbitan status/peringkat akreditasi kedua prodi. (Rubiman)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)