You are here

Mahasiswa PAUD PPs UNY Kunjungi Lembaga Prasekolah Singapura

.

Program studi Pendidikan Anak Usia Dini Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta  (PAUD PPs UNY) angkatan tahun 2016 melaksanakan studi labratorium ke dua lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Zulfa Kindergarten dan Odyssey Global Preschool) di Singapura serta ke University of Malaya di Malaysia. Studi laboratorium di Zulfa Kindergarten dan Oddysey Global Preschool bertujuan agar mahasiswa S-2 PAUD memperoleh pengetahuan, pengalaman, serta gambaran langsung mengenai pelaksanaan pendidikan anak usia dini mulai dari fasilitas, kurikulum, penilaian, kualitas guru, pendekatan serta strategi pembelajaran PAUD yang ada di negara maju, yaitu Singapura. Sementara itu, studi laboratorium di University of Malaya bertujuan agar mahasiswa dapat memiliki pengetahuan dan wawasan mengenai programstudi PPs PAUD University of Malaya Malaysia serta memiliki gambaran apabila ingin melanjutkan studi S-3 di Prodi PAUD University of Malaya.

Kegiatan studi laboratorium dilaksanakan pada tanggal 21-24 Agustus 2017 dan diikuti oleh 1 dosen pendamping serta 21 mahasiswa S-2 PAUD UNY. Pada tanggal 22-23 Agustus 2017, studi laboratorium telebih dahulu dilakukan di Zulfa Kindergarten dan Odyssey Global Preschool di Singapura, kemudian pada tanggal 24 Agustus 2017, studi laboratorium dilanjutkan ke University of Malaya, Malaysia.

Rangkaian kegiatan studi laboratorium di Zulfa Kindergarten meliputi kegiatan presentasi dari Zulfa Kindergarten, performance dari anak-anak, presentasi dari mahasiswa PAUD UNY mengenai gambaran PAUD di Indonesia, observation, serta discussion & refreshment. Sementara itu, rangkaian kegiatan studi laboratorium di Odyssey Global Preschool meliputi penjelasan kesepakatan kunjungan, mengelilingi area sekolah dengan dipandu fasilitator, serta diskusi dan tanya jawab. Pada saat mengelilingi area sekolah, mahasiswa dibagi beberapa kelompok dan setiap kelompok ditemani oleh fasilitator. Mahasiswa juga diberikan penjelasan oleh fasilitator kemudian mereka boleh menanyakan langsung apabila dirasa kurang jelas. Ketika diskusi dan tanya jawab yang melibatkan seluruh mahasiswa dan dosen, dosen dan mahasiswa juga menanyakan dan mengkonfirmasi informasi yang didapat selama kegiatan kunjungan, kemudian fasilitator Odyssey menjelaskannya.  Setelah kunjungan di kedua PAUD selesai, mahasiswa dan dosen juga menyempatkan jalan-jalan mengunjungi Merlion Park dan Garden by the bay di Singapura.

Setelah dari Singapura, mahasiswa dan dosen PAUD PPs Universitas Negeri Yogyakarta melanjutkan perjalanan ke Malaysia. Rombongan studi laboratorium kemudian melanjutkan kunjungan ke University of Malaya. Kegiatan di kampus ini yaitu memulai menjalin kerjasama antara prodi PAUD UNY dengan University of Malaya. Selain itu, Dr. Mohd Nazri Bin Abdul Rahman, dosen senior Fakultas Pendidikan University of Malaya menyampaikan tentang prodi PAUD di Universiti of Malaya. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab, dan mengunjungi Pusat Kecemerlangan Anak. Setelah kunjungan ke University of Malaya selesai, rombongan studi laboratorium juga menyempatkan mengunjungi Batu Caves, Istana Negara, serta Menara Kembar, Petronas. (Eka)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)