You are here

PENTINGYA PARENTING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK USIA DINI

Program Studi S-2 Pendidikan Anak Usia Dini Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PAUD UNY) menyelenggarakan Kuliah Umum pada 3 Desember 2016 lalu. Kuliah umum tersebut mengusung tema “Program Parenting dalam Pendidikan Anak Usia Dini” dengan Dosen Tamu Dr. Sukiman M.Pd, selaku Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen PAUD & DIKMAS. Kuliah umum yang diselenggarakan di Aula Gedung Baru lantai 3 PPs UNY ini dihadiri kurang lebih 100 mahasiswa serta seluruh dosen pengampu mata kuliah Prodi S-2 PAUD PPs UNY .

Sebelum acara kuliah umum dimulai, terlebih dahulu ditampilkan pentas tari yang dibawakan oleh Yasa Griya Sejati (mahasiswa S2 PAUD 2015) dengan tari dolanan anak. Pementasan ini cukup menarik perhatian para peserta dan memeriahkan acara pembukaan kuliah umum. Selanjutnya Acara inti dibuka dengan sambutan dari Asisten Direktur I, Dr. Sugito.

Hadir sebagai pembicara, Dr. Sukiman membahas tentang pentingnya program parenting dalam pendidikan anak usia dini. Dalam penjelasannya Dr. Sukiman mengungkapkan bahwa peran keluarga adalah sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak, namun masih banyak keluarga yang menyerahkan tanggung jawab pendidikan anak kepada sekolah. Tidak semua kebutuhan pendidikan anak dapat dipenuhi oleh satuan pendidikan maupun keluarga, sehingga diperlukan adanya kerjasama antara keluarga dengan sekolah. Lebih lanjut, Dr. Sukiman juga menjelaskan bahwa dalam usia emas yang sedang berlangsung pada anak, parenting dilakukan untuk menambah dan memperkuat pengetahuan, sikap dan keterampilan orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak di rumah sebagai kelanjutan stimulasi di sekolah. Untuk mengatasi lemahnya pelaksanaan Program parenting, Kemendikbud selalu berusaha mendorong terjalinnya kemitraan dan pelibatan keluarga dalam memajukan pendidikan anak. Usai Dr. Sukiman memberikan paparan, acara dilanjutkan dengan  diskusi dan tanya jawab yang berlangsung sangat ramai dan antusiasme yang tinggi dari para peserta kuliah umum.

Sebagai penutup Kaprodi S-2 PAUD Prof. Dr. Suparno beharap agar mahasiswa dapat memanfaatkan kegiatan kuliah umum secara optimal sebagai media dalam menggali informasi serta bertukar gagasan mengenai pentingnya parenting untuk pendidikan anak usia dini. (Vera Sholeha)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)